Kunjungi BPK Perwakilan Provinsi Jateng, Mahasiswa FEB UNDIP Belajar tentang BPK

303

Mahasiswa Jurusan Akuntansi FEB UNDIP berkunjung ke Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jateng pada Senin (10/02). Dipimpin Wakil Kepala Departemen Akuntansi Agung Juliarto, seratus mahasiswa Semester 6 angkatan 2017 tersebut diterima oleh Kasubbag Humas Siti Rahmawati Arifah dan jajaran Humas BPK Perwakilan Provinsi Jateng.

Tiba di kantor pukul 09.00 WIB, para mahasiswa terlebih dulu berkesempatan melakukan office tour, dipandu staf Subbagian Humas. Kegiatan office tour diisi dengan mengajak mahasiswa berkeliling kantor serta mengunjungi ruang Pusat Informasi dan Komunikasi (PIK) dan perpustakaan. Mahasiswa juga dipersilakan untuk berfoto di lingkungan kantor BPK Perwakilan Provinsi Jateng dan mengunggah foto terbaik mereka ke media sosial dengan hashtag #bpkjateng dan #bpkri. Foto dengan like terbanyak akan memperoleh souvenir cantik.

 Agung Juliarto, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kesempatan yang diberikan BPK Perwakilan Provinsi Jateng kepada mahasiswa UNDIP. Kegiatan ini merupakan program dari universitas yang bertujuan untuk mengenal lebih jauh terkait dunia kerja pada bidang yang nantinya akan ditekuni mahasiswa, meningkatkan wawasan dan informasi terkait BPK, serta meningkatkan jejaring/networking antara FEB UNDIP dengan BPK. “Gunakanlah kesempatan ini untuk memeperoleh pengetahuan sebanyak mungkin tentang BPK, jangan disia-siakan,” pesan Agung.

Sebagai acara utama, kunjungan mahasiswa tersebut diisi dengan sosialisasi tentang ke-BPK-an. Menjadi pembicara dalam sosialisasi tersebut, Kepala Subbagian Humas Siti Rahmawati Arifah atau yang biasa disapa Fafa dan dimoderatori oleh staf Subbagian Humas Rina Ullina. Materi yang disampaikan antara lain tentang dasar hukum, struktur organisasi, dan kewenangan BPK RI. Fafa juga menjelaskan tentang kedudukan, bidang tugas, dan wilayah kerja BPK Perwakilan Provinsi Jateng. “Temen-temen kalau mau lihat dan ingin mengetahui tentang laporan hasil pemeriksaan bisa datang ke PIK (Pusat Informasi dan Komunikasi), sesuai dengan prosedur yang ada agar tidak disalahgunakan,” imbuhnya.

Sosialisasi berlangsung hidup dan relatif santai. Para mahasiswa antusias mengikuti pemaparan dan sesi tanya jawab dengan pemateri. Acara sosialisasi juga dimeriahkan dengan yel-yel penyemangat dari mahasiswa. Acara ditutup dengan foto bersama, setelah sebelumya dilakukan penyerahan cinderamata dan penyerahan souvenir kepada peserta yang berpartisipasi dalam sesi tanya jawab dan kompetisi foto like. (*)