Mahasiswa Polines Semarang Antusias Mengikuti Kunjungan Studi di BPK Perwakilan Provinsi Jateng

211

Delapan puluh orang mahasiswa D-III Politeknik Negeri Semarang Jurusan Akuntansi berkunjung ke Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jateng pada Selasa (04/02). Tiba sekira pukul 09.00 WIB, para mahasiswa berkesempatan melakukan office tour dipandu staf Subbagian Humas. Office tour ini bertujuan agar mahasiswa mengenal lebih dekat BPK Perwakilan Jateng. Mahasiswa juga dipersilakan untuk berfoto di lingkungan kantor BPK Perwakilan Prov. Jateng dan mengunggah foto terbaik mereka ke media sosial dengan hash­tag #bpkjateng dan #bpkri. Foto dengan like terbanyak akan memperoleh souvenir cantik.

Teguh Budi Santosa, Dosen Politeknik Negeri Semarang dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kesempatan yang diberikan BPK Perwakilan Provinsi Jateng kepada mahasiswa Jurusan Akuntansi Prodi Keuangan Perbankan dalam rangka memperkaya softskill mereka. “Mohon anak-anak diberikan bekal sebanyak-banyaknya, agar generasi milenial ini mempunyai wawasan yang kaya”, imbuhnya.

Acara utama kunjungan studi ini adalah sosialisasi ke BPK-an dengan narasumber Kepala Sekretariat Perwakilan Acep Mulyadi dan dimoderatori oleh Kepala Subbagian Humas Siti Rahmawati Arifah. Pemaparan diisi antara lain tentang dasar hukum, struktur organisasi, kewenangan dan kedudukan BPK RI, serta wilayah kerja BPK Perwakilan Provinsi Jateng. Acep juga menyampaikan tentang pentingnya nilai-nilai dasar BPK, yaitu Independensi, Integritas dan Profesionalisme, “Untuk meningkatkan profesionalisme, di BPK minimal dalam setahun, para pemeriksa harus memenuhi 40 jam diklat”, katanya.

Selesai pemaparan, acara dilanjutkan sesi tanya jawab dan kuis interaktif yang diikuti dengan antusias oleh para peserta. Acara ditutup dengan foto bersama, setelah sebelumya dilakukan penyerahan cindera mata, penyerahan souvenir kepada peserta yang berpartisipasi dalam sesi tanya jawab, serta peserta yang memenangkan kuis dan kompetisi foto like. (*)