Peringati Hari Jadi BPK ke-73, BPK Perwakilan Provinsi Jateng Gelar Jalan Sehat dan Pelepasan Balon

178

Hari masih cukup pagi, baru beberapa menit lewat dari pukul 06.00 WIB. Namun, para pegawai dan pejabat BPK Perwakilan Provinsi Jateng sudah tampak berkumpul di halaman kantor, Jumat (17,01) kemarin. Mereka bersiap berpartisipasi dalam kegiatan Jalan Sehat dalam rangka memperingati HUT ke-73 BPK RI.

Meski harus ke kantor lebih awal dibanding hari biasa, para pegawai tampak bersemangat. Suasana jelang jalan sehat itu bertambah semarak dengan komentar-komentar segar Dimas Okky dan Risa Trihastuti, staf dari Subbag TU Kalan dan Subbag Humas, yang menjadi pembawa acara pagi itu.

Sekira pukul 06.30 WIB, acara pembukaan jalan sehat pun dimulai. Kegiatan pagi itu dibuka dengan doa bersama yang dipandu oleh Imron Kamil, pemeriksa di Subaud Jateng IV. Usai doa, dilepas secara resmi oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi Jateng Ayub Amali, rombongan peserta jalan sehat pun bertolak dari halaman kantor BPK Perwakilan Provinsi Jateng.  

Dalam jalan sehat kali ini, jarak yang harus ditempuh para peserta kurang lebih sejauh 2,5 km melalui rute jalan-jalan di sekitar lingkungan Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jateng, yaitu melewati Gang Sewan I, Jalan Sewan, dan Jalan Siroto Raya. Para peserta juga harus melewati Jalan Ngasem Raya dan Jalan Perintis Kemerdekaan, sebelum kemudian kembali di kantor.

Rute jalan sehat ini cukup menguras energi, sebab terdapat beberapa tanjakan dan turunan jalan yang harus dilalui. Meski begitu, para peserta tampak bersemangat dan ceria selama perjalanan. Sekira pukul 07.45 WIB, para peserta jalan sehat itu tiba kembali di halaman kantor.

Bentuk Formasi dan Pelepasan Balon

Selepas jalan sehat, acara pagi itu dilanjutkan dengan pembentukan formasi pegawai dan prosesi pelepasan balon. Dengan komando Kasetlan BPK Provinsi Jateng Acep Mulyadi, 100 pegawai BPK Perwakilan Provinsi Jateng berbaris membentuk angka 73, sebagai penanda 73 tahun usia BPK RI. Seratus pegawai tersebut dipilih dari lima unit kerja eselon III di BPK Perwakilan Provinsi Jateng, di mana dari masing-masing unit kerja mengirim 20 orang staf.

Pembentukan formasi disertai pelepasan ikatan balon dengan kain bertuliskan “Dirgahayu BPK RI, Bersatu Padu BPK Maju!” oleh Kepala Perwakilan, diikuti pelepasan 100 balon yang dipegang oleh masing-masing pegawai dalam barisan formasi 73. Tepuk tangan riuh para pegawai bergema mengiringi terbangnya balon-balon ke angkasa.

Acara tersebut sekaligus menjadi ajang perkenalan dua pejabat baru di BPK Perwakilan Provinsi Jateng, yaitu Kepala Subaud (Kasubaud) Jateng II Argo Waskito dan Kasubaud Jateng IV  Masmudi. Argo Waskito menggantikan Ahmad Adib Susilo yang saat ini menjadi Kepala Auditorat III A, sedangkan Masmudi menggantikan Nelson Humiras Halomoan Siregar yang menjabat sebagai Kepala Subauditorat Riau I.

Acara pagi itu dimeriahkan oleh penampilan Band BPK Perwakilan Jateng serta pembagian 40 doorprize kepada para pegawai. Adapun Grandprize berupa sepeda dimenangkan oleh Taufik Novriadi, tenaga kontrak di BPK Perwakilan Provinsi Jateng.(*)