Upacara Bendera dan Tasyakuran Meriahkan Peringatan HUT ke-73 BPK

261

BPK bukanlah lembaga stempel opini. Prestasi BPK sebagai pemeriksa diukur dari tuntasnya hasil pemeriksaan sesuai dengan standar pemeriksaan melalui quality control dan quality assurance yang ketat, mengungkap permasalahan signifikan, dan memberi rekomendasi untuk perbaikan tata kelola keuangan negara dari entitas yang diperiksanya.

Demikian antara lain disampaikan Kepala Perwakilan (Kalan) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) Ayub Amali, saat membacakan pidato sambutan Ketua BPK RI dalam upacara peringatan HUT ke-73 BPK RI di BPK Perwakilan Provinsi Jateng pada Senin (20/01) kemarin.

Digelar di halaman kantor, upacara tersebut diikuti para pejabat dan pegawai BPK RI Pewakilan Provinsi Jateng. Bertindak sebagai komandan upacara, Kepala Sub-Auditorat Jateng III Ramzuhri. Peringatan HUT ke-73 BPK RI pada tahun ini mengambil tema “Bersatu Padu, BPK Maju”.

Berbeda dengan biasanya, upacara HUT ke-73 BPK RI kali ini diikuti para undangan dari kalangan mantan Kalan BPK Provinsi Jateng dan pensiunan pegawai yang berdomisili di Semarang dan sekitarnya. Selain itu, pada upacara kali ini pengibaran bendera dilakukan oleh pasukan pengibar bendera yang terdiri dari sepuluh orang pegawai.

Dalam amanatnya, Kalan BPK Provinsi Jateng mengatakan, peringatan HUT BPK RI menjadi momen yang tepat untuk berinstrospeksi terkait peran dan capaian BPK dalam penyelenggaraan negara. “Capaian sebagaimana  dimaksud, mencakup pelaksanaan tugas konstitusional BPK sebagai pemeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara, upaya-upaya perbaikan dan penguatan kelembagaan dan SDM, serta pengakuan internasional terhadap kiprah dan kompetensi  BPK,” ucap Ayub.

Lebih lanjut Ayub Amali mengatakan, di tengah ekspektasi masyarakat dan stakeholders kepada BPK yang semakin meningkat, masih ada keterbatasan baik dalam hal anggaran, sarana dan prasarana, maupun kuantitas SDM di BPK. Menurutnya, semua keterbatasan itu perlu disikapi dengan membangun dan memperkuat kebersamaan di BPK. “Kami  atas  nama  pimpinan  BPK, mengajak kita semua untuk bersatu padu, saling mendorong, saling menguatkan untuk  kemajuan  BPK,” katanya.

Tasyakuran dan Penyerahan Hadiah

Selepas upacara bendera yang juga dihadiri para pegawai purna tugas, BPK Perwakilan Provinsi Jateng menggelar acara tasyakuran di auditorium. Menurut Kalan BPK Provinsi Jateng Ayub Amali, selain merupakan wujud syukur karena BPK telah berusia 73 tahun, acara tasyakuran juga dimaksudkan agar menjaga keguyuban keluarga besar BPK Jateng. “Semoga menambah kekompakan dan semangat mengabdi kepada negara dan bangsa melalui BPK,” katanya.

Ayub Amali berharap, dengan rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-73 BPK RI, keguyuban di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Jateng tetap terjaga sehingga akan menambah semangat bekerja agar BPK menjadi lebih baik. “Mangan sate ojo lali nganggo ati, sego gorenge ojo lali tambah teri. Pitung puluh telu tahun sampun dilewati, BPK makaryo raharjaning negeri,” demikian Ayub Amali berpantun disambut tepuk tangan para pegawai dan tamu undangan.

Dalam acara yang sama, saat menyampaikan sambutannya, Bambang Adiputranta, Kalan BPK Provinsi Jateng periode 2010 s.d. 2014 mengatakan, para pegawai BPK merupakan satu keluarga besar sehingga perlu membangun semangat “guyub selawase”. Menurutnya, nilai-nilai kekeluargaan merupakan modal mengatasi semua sekat. Bambang mengingatkan pentingnya rasa bersyukur dan doa. “Selain aktivitas keseharian, aspek ruhani menjadi bagian yang penting dari hidup,” katanya. 

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba dalam Pekan Olahraga yang dilaksanakan pada 6 s.d. 10 Januari lalu. Penyerahan hadiah dilakukan oleh Bambang Adiputranta serta para pejabat BPK Perwakilan Provinsi Jateng. Menjadi juara dalam lomba bola voli adalah tim dari Subaud Jateng IV. Dalam lomba tenis meja perorangan, juara pertama diraih oleh Agus Wibowo yang merupakan perwakilan dari Subaud Jateng I. Tim Subaud Jateng III menjadi juara dalam lomba futsal. Adapun lomba Badminton  dimenangkan oleh tim dari Subaud Jateng II.

Dalam Pekan Olahraga BPK Perwakilan Jateng dalam rangka HUT ke-73 BPK RI ini,  Subaud Jateng IV berhasil menjadi juara umum. Penyerahan piala untuk juara umum Pekan Olahraga dilakukan secara langsung oleh Kalan BPK Provinsi Jateng Ayub Amali kepada Kasubaud Jateng IV Masmudi.

Sholat Berjamaah, Tahlil, dan Doa Bersama

Menutup rangkaian peringatan HUT ke-73 BPK RI, siang itu dilaksanakan pula sholat zuhur berjamaah, pembacaan Surah Yasin, dan tahlil. Kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Baitul Hasib BPK Perwakilan Provinsi Jateng.

Memimpin sholat berjamaah tersebut, Ustadz Jamaludin dari Ponpes Al-Asmaul Husna, Pudak Payung. Rangkaian peringatan HUT ke-73 BPK RI di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jateng ditutup dengan doa bersama. (*)