Terima Kunjungan Studi Mahasiswa Udinus, Kasubaud Jateng IV Berduet dengan Mahasiswa

303

Dua ratus mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) berkunjung ke Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jateng pada Senin (16/12). Dipimpin Koordinator Mata Kuliah Audit Hermawan Triono, rombongan mahasiswa dari bidang studi akuntansi tersebut diterima oleh Kasubbag Humas Siti R. Arifah dan jajaran Humas BPK Perwakilan Provinsi Jateng.

Tiba di kantor sekitar pukul 09.00 WIB, para mahasiswa terlebih dulu berkesempatan melakukan office tour. Didampingi para pegawai dari Subbag Humas kegiatan office tour diisi dengan mengajak mahasiswa berkeliling kantor serta mengunjungi ruang Pusat Informasi dan Komunikasi (PIK) dan perpustakaan. Para mahasiswa dipersilakan berswafoto untuk diunggah di akun media sosial masing-masing, dan foto dengan like terbanyak akan memperoleh souvenir cantik.

Sebagai acara utama, kunjungan mahasiswa tersebut diisi dengan sosialisasi tentang ke-BPK-an. Menjadi pembicara dalam sosialisasi tersebut, Kasubaud Jateng IV Nelson H. H. Siregar dan bertindak sebagai moderator Kasubbag Humas Siti R. Arifah.

Saat menyampaikan materi, Nelson H.H. Siregar antara lain menjelaskan tentang dasar hukum, struktur organisasi, dan kewenangan BPK RI. Nelson juga menjelaskan tentang kedudukan, bidang tugas, dan wilayah kerja BPK Perwakilan Provinsi Jateng.

Menyinggung soal wilayah kerja, Nelson menjelaskan bahwa BPK memiliki kantor perwakilan di setiap provinsi. Selain itu, kata Nelson, BPK juga melakukan rotasi penempatan pegawai setiap beberapa tahun sekali. “Jadi kalau masuk BPK harus siap ditempatkan di seluruh Indonesia,” ujar Nelson.

Sebelumnya, saat menyampaikan sambutannya, Hermawan Triono menyampaikan apresiasinya atas penerimaan BPK Perwakilan Provinsi Jateng terhadap kunjungan mahasiswa Udinus. Hermawan menjelaskan, kunjungan tersebut dilakukan agar para mahasiswa “ngangsu kawruh” (menimba ilmu) ke BPK agar mahasiswa lebih mengerti tentang BPK dan auditing, khususnya terkait keuangan negara. “Diharapkan, mereka tidak hanya mengerti secara teoritis, tetapi bisa belajar langsung tentang praktik auditing kepada para pemeriksa di BPK,” jelasnya.

Sosialisasi berlangsung hidup dan relatif santai. Para mahasiswa antusias mengikuti pemaparan dan sesi tanya jawab dengan pemateri. Acara sosialisasi juga dimeriahkan penampilan beberapa mahasiswa yang menyumbangkan lagu. Suasana bertambah meriah saat Kasubaud Jateng IV Nelson H.H. Siregar berduet dengan mahasiwa. Menjelang akhir sosialisasi, para peserta diajak bermain quiz interaktif berisi serba-serbi tentang BPK dan Semarang. Sosialisasi diakhiri dengan pembagian souvenir kepada juara lomba foto like, para pemenang kuis interaktif, serta para mahasiswa yang dinilai aktif selama sosialisasi berlangsung.