Tari Tayub Meriahkan Kunjungan Siswa SMK Negeri 1 Pedan ke Kantor BPK

404

Pertunjukan tari tayub oleh dua orang siswa memeriahkan acara kunjungan SMK Negeri 1 Pedan Klaten ke kantor BPK Perwakilan Provinsi Jateng pada Selasa (29/10). Tari yang dibawakan oleh Rika dan Soraya tersebut menjadi acara hiburan sebelum dimulainya sesi Sosialisasi tentang ke-BPK-an yang merupakan acara inti dalam kunjungan siswa tersebut.

Sebelumnya, para siswa SMK N 1 Pedan tiba di kantor sekitar pukul 08.00 WIB. Rombongan siswa tersebut diterima oleh Kasubbag Humas Siti Rahmawati Arifah. Hadir mendampingi para siswa, Wakil Kepala SMK N 1 Pedan Wiyoto.

Setiba di kantor BPK Perwakilan Provinsi Jateng, para siswa terlebih dulu diajak melakukan office tour. Dipandu para staf Subbag Humas, para siswa diajak berkeliling untuk lebih mengenal kantor BPK Perwakilan Provinsi Jateng dan diberi kesempatan berfoto selfie untuk diunggah di medsos dalam kompetisi photo like terbanyak yang digelar oleh panitia. Usai office tour, rombongan siswa diajak ke Ruang Kelas Gajah Mungkur dan Penjalin untuk menerima sosialisasi tentang ke-BPK-an.

Saat menyampaikan sambutan, Wakil Kepala SMK N 1 Pedan Wiyoto menyampaikan apresiasi kepada BPK Perwakilan Provinsi Jateng karena telah menerima kunjungan para siswa dari SMK N 1 Pedan. Wiyoto menjelaskan, kunjungan ini lazim disebut “Kunjungan Industri” dan bertujuan menambah wawasan para siswa tentang tugas dan fungsi BPK. Kepada para siswa, beliau meminta untuk mendengarkan dengan seksama apa yang disampaikan oleh narasumber sehingga menjadi bekal mereka setelah lulus nanti. 

Kunjungan siswa SMK Negeri 1 Pedan Klaten tersebut diisi dengan sosialisasi tentang ke-BPK-an. Menjadi narasumber dalam acara tersebut Kasubbag Humas Siti Rahmawati Arifah. Adapun Rina Ulina Br. Gurusinga, staf Subbagian Humas, bertindak sebagai moderator. Dalam kesempatan tersebut, Siti Rahmawati Arifah menjelaskan tentang dasar hukum, struktur organisasi, nilai-nilai dasar, serta tugas dan kewenangan BPK.

Acara pemaparan berlangsung relatif santai. Para siswa tampak antusias menyimak materi yang disampaikan dan bertanya pada sesi tanya jawab. Di akhir acara, panitia memberikan souvenir kepada siswa yang perform tari dan beberapa siswa yang mengajukan pertanyaan dalam sesi tanya jawab. Souvenir juga diberikan panitia kepada para pemenang kuis interaktif dan kompetisi photo like terbanyak.(*)