BPK Perwakilan Provinsi Jateng Terima Kunjungan Mahasiswa Fakultas Hukum Unnes

284

BPK Perwakilan Provinsi Jateng menerima kunjungan studi mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Universitas Negeri Semarang (Unnes) pada Selasa (15/10) kemarin. Tiba di kantor sekira pukul 09.00, rombongan mahasiswa FH Unnes tersebut diterima oleh Kasubbag Humas Siti Rahmawati Arifah. Turut mendampingi mahasiswa FH Unnes tersebut, Wakil Dekan I Fakultas Hukum Unnes Martitah dan empat orang dosen FH Unnes.

Sebelum dimulainya acara, para mahasiswa terlebih dulu diajak melakukan office tour. Dipandu para staf Subbag Humas, para mahasiswa diajak berkeliling untuk lebih mengenal kantor BPK Perwakilan Provinsi Jateng dan diberi kesempatan berfoto selfie di lingkungan kantor BPK Perwakilan Provinsi Jateng untuk diunggah di medsos dalam kompetisi photo like terbanyak yang digelar oleh panitia. Usai office tour, rombongan mahasiswa diajak ke Ruang Kelas Gajah Mungkur dan Penjalin untuk diterima oleh Kepala Perwakilan (kalan) BPK Provinsi Jateng Ayub Amali.

Ketika menyampaikan sambutannya, Kepala Perwakilan mengatakan bahwa kunjungan mahasiswa ke kantor BPK Perwakilan Provinsi Jateng merupakan hal yang positif bagi kedua belah pihak. Bagi BPK, kunjungan para mahasiswa menjadi media untuk menerima masukan dan saran demi kemajuan BPK. Sedangkan bagi para mahasiswa, kunjungan ke BPK menjadi sarana untuk menambah pemahaman tentang BPK. 

Lebih jauh Ayub Amali juga menyebut, kegiatan pemeriksaan di BPK sangat terkait dengan permasalahan hukum, sehingga sangat terbuka kesempatan bagi para lulusan studi hukum untuk berkarir di BPK. “Sampai saat ini, BPK masih membutuhkan banyak ahli hukum dari universitas-universitas terbaik di Indonesia,” kata Ayub Amali. Martitah, Wakil Dekan I FH Unnes, menyampaikan bahwa kegiatan kunjungan studi ini dilaksanakan agar mahasiswa semakin paham mengenai tugas dan fungsi BPK. “Saya sengaja membawa mahasiswa ke BPK supaya mereka tidak turun ke jalan dan dapat berdiskusi dengan BPK.”

Kunjungan studi mahasiswa FH Unnes tersebut diisi dengan sosialisasi tentang ke-BPK-an yang disampaikan Kasubbag Hukum Susi Handayani. Dalam kesempatan tersebut, Susi Handayani menjelaskan tentang dasar hukum, struktur organisasi, nilai-nilai dasar, tugas dan kewenangan, juga kinerja BPK RI sebagai lembaga negara, dan peran bidang hukum di BPK. Menurutnya, selama ini banyak prestasi yang telah dihasilkan BPK demi kepentingan masyarakat. Banyak kasus besar yang berhasil diungkap oleh aparat penegak hukum yang bersumber dari hasil pemeriksaan BPK ataupun melibatkan para pemeriksa BPK, seperti kasus Bank Century, Hambalang, BLBI dan yang lainnya.

Acara pemaparan berlangsung relatif santai. Para mahasiswa tampak antusias menyimak materi yang disampaikan oleh pemateri. Pada sesi tanya jawab, para mahasiswa juga antusias bertanya ataupun menyimak penjelasan dari pemateri. Acara kunjungan studi semakin semarak dengan adanya performance nyanyian yang diiringi gitar Akustik dari mahasiswa serta kuis interaktif. Di akhir acara, panitia memberikan souvenir kepada beberapa mahasiswa yang mengajukan pertanyaan dalam sesi tanya jawab serta kepada para pemenang kuis interaktif dan kompetisi photo like terbanyak. (*)