Terima Kunjungan STIE Bank BPD Jateng, BPK Perwakilan Provinsi Jateng Gelar Sosialisasi tentang BPK

276

BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menerima kunjungan 115 mahasiswa STIE Bank BPD Jateng pada Rabu (17/07). Rombongan mahasiswa dari jurusan akuntansi tersebut diterima oleh Kepala Sekretariat Perwakilan (Kasetlan) BPK Provinsi Jateng Acep Mulyadi dan Kasubbag Humas Siti Rahmawati Arifah.

Tiba di kantor BPK Perwakilan Jateng pukul 09.00 WIB, para mahasiswa tersebut diterima di Auditorium BPK Perwakilan Provinsi Jateng. Mendampingi para mahasiswa tersebut, salah satu dosen STIE Bank BPD Jateng Edi Supriyono.

Sebelumnya, dipandu para staf Subbag Humas, para mahasiswa diajak untuk berfoto di lingkungan Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah. Para mahasiswa kemudian diminta untuk mengunggah foto tersebut di akun instagram masing-masing untuk dilibatkan dalam kompetisi Photo Like terbanyak yang digelar oleh panitia.

Ketika menyampaikan sambutannya, Kasetlan BPK Provinsi Jateng mengapresiasi inisiatif para mahasiswa untuk berkunjung ke Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jateng. Kepada rombongan mahasiswa Acep Mulyadi juga menyampaikan, BPK selalu terbuka untuk bekerja sama dengan kalangan akademisi, utamanya dari kalangan mahasiswa. “Selain kunjungan studi mahasiswa, BPK Perwakilan Jateng juga sering memberikan kepada para mahasiswa dan pelajar untuk magang di BPK Perwakilan Jateng,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, dosen pendamping rombongan Edi Supriyono mengungkapkan bahwa kunjungan ke Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jateng tersebut memang baru pertama kali dilakukan para mahasiswa STIE Bank BPD Jateng. Menurut dosen yang biasa mengampu mata kuliah auditing tersebut, kunjungan ke Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jateng dilakukan untuk menambah pemahaman para mahasiswa tentang BPK dan pemeriksaan pengelolaan keuangan negara.

Kunjungan mahasiswa STIE Bank BPD Jateng tersebut diisi dengan sosialisasi tentang BPK oleh Kasubbag Humas BPK Provinsi Jateng. Dalam sosialisasi tersebut, Siti Rahmawati Arifah antar lain menjelaskan tentang dasar hukum, struktur kelembagaan, tugas dan kewenangan, serta jenis pemeriksaan BPK. Siti Rahmawati Arifah juga menjelaskan tentang struktur organisasi, kedudukan dan kewenangan, serta cakupan tugas Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jateng.

Meski sosialisasi dikemas santai, para mahasiswa tampak antusias menyimak materi yang disampaikan. Sosialisasi bertambah semarak ketika dibuka sesi tanya jawab dan diadakannya kuis tentang ke-BPK-an yang diikuti oleh para peserta sosialisasi.

Menurut Annisa dan Angger, mahasiswa yang turut dalam rombongan, sosialisasi tentang BPK tersebut memberikan pandangan dan wawasan yang lebih baik tentang BPK. Materi yang disampaikan juga mudah diterima. Selain itu, ia dan rekan-rekannya merasa mendapat sambutan yang baik dari BPK Perwakilan Provinsi Jateng. “Harapan kami, BPK dapat membuat kinerja pemerintahan menjadi lebih baik lagi” ungkapnya. Di penghujung acara sosialisasi, Kasubbag Humas Siti Rahmawati Arifah bertukar cinderamata dengan dosen STIE Bank BPD Jateng Edi Supriyono dan berfoto bersama dengan rombongan mahasiswa. Sebelum acara berakhir, panitia memberikan souvenir kepada beberapa mahasiswa yang telah mengajukan pertanyaan dalam sesi tanya jawab serta para pemenang kuis Photo Like di akun instagram dan kuis tentang ke-BPK-an.