Kunjungi BPK Perwakilan Provinsi Jateng, Ketua BPK RI Ajak Dialog Para Pegawai

327

Ketua BPK RI Moermahadi Soerja Djanegara bersama rombongan mengunjungi kantor BPK RI Perwakilan Jawa Tengah pada Kamis (20/06). Kunjungan ini diisi dengan acara dialog bersama seluruh pejabat dan pegawai BPK Perwakilan Jateng.

Turut dalam kunjungan Ketua BPK RI tersebut Sekjen BPK RI Bahtiar Arif, Kepala Badiklat Pemeriksaan Keuangan Negara BPK RI Hery Subowo, dan Kaditama Revbang PKN BPK RI Slamet Kurniawan. Selain itu, hadir pula Kabiro Keuangan BPK RI R. Edy Susila dan Kabiro Umum BPK RI Sudarminto Eko Putra.

Sebelum dialog digelar, Kepala BPK Perwakilan Jawa Tengah Ayub Amali memberikan sambutan sekaligus memperkenalkan para pejabat di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Jateng. Selanjutnya, dialog dibuka sekira pukul 08.30 WIB, dengan Sekjen BPK Bahtiar Arif bertindak sebagai moderator.

“Sengaja kami lakukan untuk meninjau beberapa perwakilan di Jawa. Kami ingin mendapatkan masukan dari semua pegawai yang hadir di sini”, kata Ketua BPK RI Moermahadi Soerja Djanegara di awal dialog. Menurut Moermahadi, kunjungan ke kantor BPK perwakilan dan berdialog dengan para pegawai bisa menjadi kesempatan mendeteksi persoalan-persoalan kelembagaan BPK, khususnya yang berasal dari kantor-kantor perwakilan. “Kami berharap dengan dialog semacam ini, akan tergali persoalan-persoalan yang mungkin bisa kami tindaklanjuti dengan membahasnya di Sidang Badan. Dengan begitu, diharapkan dapat mencari pemecahan atas problem-problem yang ada”, kata Ketua BPK RI.

Hal senada disampaikan oleh Kaditama Revbang PKN BPK RI Slamet Kurniawan. Menurut Slamet Kurniawan, kemauan para pegawai untuk proaktif demi kebaikan akan sangat bermanfaat untuk BPK. Oleh karena itu, Slamet Kurniawan mengajak para pegawai untuk membiasakan diri mau berbagi dan saling memberikan masukan, supaya apa yang diputuskan putuskan dan ditetapkan lembaga menjadi betul-betul sempurna. “Meski sekecil apapun, kalau itu memang masukan untuk kebaikan tentu akan berguna untuk kita semua,” tutur Slamet Kurniawan.

Dialog berlangsung lancar dan relatif santai. Dalam dialog bersama tersebut antara lain dibahas tentang kesejahteraan pegawai BPK, penegakan kode etik, fasilitas penunjang pekerjaan kantor, hingga sistem mutasi pegawai BPK.

Acara diakhiri dengan halalbihalal antara Ketua BPK RI beserta rombongan dengan para pegawai BPK Perwakilan Provinsi Jateng. Sebelum meninggalkan Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jateng, Ketua BPK RI beserta rombongan menyempatkan meninjau beberapa ruangan kerja di BPK Perwakilan Provinsi Jateng. Direncanakan, selepas mengunjungi Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jateng, Ketua BPK RI beserta rombongan juga akan berkunjung ke Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jatim dan D.I. Yogyakarta.(*)