BPK Jateng Laksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019

236

Semarang, Sabtu (1 Juni) – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jawa Tengah melaksanakan upacara peringatan Hari Kelahiran Pancasila Tahun 2019 di halaman Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah. Dimulai sekira pukul 08.00 WIB, seluruh jajaran pimpinan dan pegawai mengikuti upacara dengan tertib dan hikmat. Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Kepala Perwakilan Ayub Amali dan Komandan Upacara Zulfrizal.

Memperingati hari lahir Pancasila merupakan salah satu kebanggaan nasional (national pride) bangsa Indonesia. Hari lahir Pancasila yang jatuh pada hari Sabtu (hari libur bagi ASN BPK), tidak menjadi penghalang tetap dilaksanakannya upacara. Pegawai yang mengikuti upacara pun tidak hanya pegawai BPK perwakilan Jateng, tetapi ada juga dari kantor pusat dan perwakilan lainnya. Hal ini disebabkan pelaksanaan upacara bertepatan dengan hari libur menjelang Hari Raya Idul Fitri. Para pegawai tersebut sedang berada di daerah sekitar Kantor BPK Jateng dalam rangka “mudik” lebaran. Sesuai surat edaran Sekjen BPK, pegawai dapat mengikuti upacara di seluruh kantor BPK terdekat.

Melalui peringatan hari Pancasila tahun 2019 ini diharapkan Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “Politik Harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi Negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil, dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila”. Demikian pernyataan Hariyono, Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, dalam pidato peringatan hari lahir Pancasila 2019 yang dibacakan oleh inspektur upacara.

Selamat hari lahir Pancasila! Semoga Pancasila terus dapat menjadi energi positif bangsa, dapat memberikan harapan untuk masa depan, khususnya dalam merealisasikan visi dan misi bangsa Indonesia.