BPK Perwakilan Provinsi Jateng Adakan Buka Bersama Anak Yatim

239

Menyemarakkan Bulan Ramadan yang penuh berkah, BPK Perwakilan Provinsi Jateng dan Masjid Baitul Hasib BPK Perwakilan Provinsi Jateng menggelar acara buka bersama pada Selasa (28/05) kemarin. Dilaksanakan di Auditorium BPK Perwakilan Provinsi Jateng, acara ini diikuti seluruh pejabat dan pegawai. Selain para pegawai di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Jateng, acara yang dibuka secara resmi oleh Kalan BPK Perwakilan Provinsi Jateng ini juga mengundang anak-anak yatim dari 4  panti asuhan, yaitu: Darul Izzi wa Da’wah (Meteseh), Tarbiyatul Hasanah (Gedawang), Darul Arifin (Bergas), dan Tarbiyatul Aitam wa Dhuafa (Setuk-Pudakpayung).

Ketika membuka acara, Kalan BPK Provinsi Jateng Ayub Amali menyampaikan apresiasi kepada panitia acara serta pengurus masjid Baitul Hasib sehingga acara buka bersama dapat terselenggara. “Mudah-mudahan kegiatan semacam ini bisa terus kita selenggarakan, utamanya untuk menjalin silaturahim di antara kita semua,” katanya.

Kepada para pegawai, Perwakilan BPK Provinsi Jateng mengingatkan, tugas pemeriksaan sebagai auditor sebenarnya sangat lekat dengan ajaran agama. Seperti kita memeriksa catatan dan laporan keuangan, catatan perbuatan kita juga akan diperiksa di hari akhir kelak.  Semua perbuatan kita selalu dicatat dan dilaporkan dalam komputer supercanggih yang tak melewatkan hal sekecil apapun. Seperti halnya kita kadang melakukan konfirmasi ke auditee, kita juga akan dimintai konfirmasi dan kita tak akan bisa mengelak, sebab tangan dan kaki kita yang akan berbicara. “Mudah-mudahan, kegiatan kita sebagai pemeriksa juga menjadi pengingat bahwa di akhirat nanti, kita juga akan diperiksa,” katanya yang segera dibalas ucapan “aamiin” oleh para peserta.

Sebelum tiba waktu berbuka, acara diisi dengan tausiyah oleh Ustad Nawawi. Dalam tausiyahnya, Ustad Nawawi antara lain menukil kisah ketika Rosulullah sedang bercengkrama dengan para sahabatnya di serambi masjid. Nabi pun membagikan resep istimewa agar doa-doa dikabulkan,  keinginan-keinginan akan diwujudkan, cita-cita akan diberkahi Alloh, dan hati pun akan dilembutkan. “Apa resep istimewa itu? Sayangi anak yatim, usap kepala mereka, ajak makan mereka dengan makanan yang engkau punya,” tutur Ustad. Oleh karena itu, Ustad Nawawi sangat mengapresiasi acara Buka Bersama sekaligus pemberian santunan yang digagas oleh para pegawai BPK Perwakilan Provinsi Jateng karena sangat sejalan dengan ajaran Rosululloh. Selain berbuka bersama, dalam acara tersebut memang diisi dengan penyerahan santunan kepada anak-anak yatim dari empat panti asuhan. Santunan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Kalan BPK Provinsi Jateng Ayub Amali kepada perwakilan pengurus panti asuhan. Santunan kepada para anak yatim tersebut berasal dari dana yang terkumpul dari para pegawai BPK Perwakilan Provinsi Jateng yang dikoordinasikan oleh Pengurus Masjid Baitul Hasib. Selain itu, disampaikan pula bingkisan kepada tenaga kontrak dan Office Boy.