Dari Dharma Wanita BPK untuk Kesehatan Gigi Warga

2193

Memeriahkan peringatan HUT ke-72 BPK RI, Dharma Wanita Persatuan (DWP) BPK Perwakilan Provinsi Jateng menggelar Pekan Pemeriksaan Gigi dan Pembersihan Karang Gigi. Kegiatan tersebut digelar selama enam hari kerja, yakni pada 16 s.d. 23 Januari 2019 kemarin.

Kegiatan  yang juga bertajuk “BPK Bergigi” tersebut melibatkan para warga masyarakat di lingkungan sekitar kantor BPK Perwakilan Provinsi Jateng sebagai peserta. Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi Jateng Hery Subowo tersebut  dilaksanakan di Klinik Gigi BPK Perwakilan Provinsi Jateng. Adapun pemeriksaan dan pembersihan karang gigi dilakukan oleh Pipit Puspitasari, dokter gigi yang sehari-hari memang bertugas di Klinik Gigi BPK Perwakilan Provinsi Jateng.

Menurut Ketua DWP BPK Perwakilan Provinsi Jateng Diena Andiani, kegiatan ini memang menjadi salah satu kegiatan DWP BPK Perwakilan Provinsi Jateng untuk memeriahkan HUT ke-72 BPK. Dengan kegiatan semacam ini, diharapkan BPK semakin bisa memberi manfaat bagi masyarakat, khususnya masyarakat di lingkungan sekitar kantor BPK Perwakilan Provinsi Jateng.

Dalam sambutannya, Diena Andiani juga menekankan pentingnya peran orang tua dalam proses menjaga kegiatan kesehatan gigi anggota keluarga. “Orang tua harus bisa memotivasi anak untuk selalu menjaga kesehatan gigi. Orang tua juga harus menjadi teladan bagi anak-anaknya. Semua butuh niat dan keseriusan,” katanya

Salah seorang peserta bernama Yuli menyatakan sangat mengapresiasi acara yang digelar DWP BPK Perwakilan Provinsi Jateng tersebut. Secara khusus, Yuli juga memuji  keramahan pelayanan yang diberikan selama acara. “Pelayanannya sangat baik. Dokternya juga sabar dan ramah,” katanya sumringah.

Sementara itu, peserta bernama Dewi, menekankan manfaat kegiatan terutama untuk warga masyarakat kurang mampu. “Selama ini, banyak warga masyarakat merasa bahwa pemeriksaan gigi itu mahal sehingga warga pun jadi tak terlalu memperhatikan kesehatan giginya. Dengan adanya pemeriksaan gigi secara gratis semacam ini, BPK telah sangat membantu warga sekitar BPK,” katanya

Hal senada dinyatakan oleh Heri. Selain memberikan manfaat langsung kepada pasien, menurut Heri, kegiatan ini juga menjadi semacam ruang edukasi sehingga masyarakat semakin peduli dengan kesehatan gigi. “Kami berharap kegiatan-kegiatan semacam ini lebih sering diadakan. Semoga BPK juga semakin bisa melibatkan warga dalam kegiatan-kegiatannya,”  kata Heri.

 Donor Darah dan Penyuluhan Kesehatan

Selain mengadakan Pekan Pemeriksaan  Gigi dan Pembersihan Karang Gigi, untuk memeriahkan  HUT ke-72 BPK RI, DWP BPK Perwakilan Provinsi Jateng juga mengadakan donor darah. Donor darah yang diikuti oleh para pegawai BPK Perwakilan Provinsi Jateng tersebut dilaksanakan pada Kamis (24/01).

Pada hari yang sama dengan pelaksanaan donor darah, DWP BPK Perwakilan Provinsi Jateng juga menggelar acara penyuluhan kesehatan bertema “Mengenal Lebih Dini Menopause”. Penyuluhan kesehatan ini diikuti para pegawai BPK Perwakilan Provinsi Jateng dan menghadirkan Nidya Kartika Dewi, dokter spesialis kandungan dari RS Hermina Banyumanik, sebagai pembicara. (*)