BPK Perwakilan Provinsi Jateng Gelar Upacara Peringatan HUT ke-72 BPK RI

1327

Semangat persaudaraan dan kekeluargaan antar-insan BPK  merupakan  energi  dan potensi besar. Diperlukan sinergi unit-unit kerja agar BPK semakin  berprestasi  dan mampu  mewujudkan  pemeriksaan  yang berkualitas dan bermanfaat. Demikian antara lain disampaikan Kalan BPK Provinsi Jateng Hery Subowo saat membacakan pidato sambutan Ketua BPK RI untuk memperingati HUT ke-72 BPK RI.

Pidato tersebut dibacakan Kalan BPK Provinsi Jateng ketika menjadi inspektur upacara peringatan HUT ke-72 BPK pada Senin (21/01) kemarin. Upacara yang digelar di halaman kantor tersebut diikuti para pejabat dan pegawai di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Jateng. Bertugas sebagai komandan dalam upacara tersebut adalah Sigit Cahyono Santosa. Adapun tema Peringatan HUT ke-72 BPK tahun 2019 ini adalah “Energi, Sinergi, Prestasi”.

Dalam pidatonya, Kalan BPK Provinsi Jateng Hery Subowo mengatakan bahwa selama beberapa tahun terakhir, BPK telah berperan besar dalam peningkatan kualitas pengelolaan  dan  tanggung  jawab  keuangan  negara, baik di level pemerintah pusat maupun daerah. Hal tersebut antara lain dapat dilihat dari semakin meningkatnya jumlah opini WTP pada Laporan Keuangan Kementerian dan Lembaga (LKKL) dan Laporan Keuangan Pemerintah Daeah (LKPD) setiap tahunnya. Selain itu, BPK juga terus meningkatkan berperan aktif di dunia internasional. Hal itu antara lain tampak dalam terpilihnya BPK  sebagai  pemeriksa  eksternal International Atomic Energy Agency  (IAEA) untuk periode 2017-2019 dan sebagai anggota panel external auditor Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang bertugas sebagai lembaga pemeriksa untuk badan-badan di PBB

Di akhir sambutannya, Kalan BPK Provinsi Jateng mengingatkan para pegawai di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Jateng tentang nilai-nilai dasar BPK. “Seluruh insan BPK agar memegang teguh nilai dasar, yakni independensi, integritas dan profesionalisme, serta menjaga semangat  kekeluargaan sehingga dapat menjaga kepercayaan rakyat kepada BPK”, katanya.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan juga penganugerahan Satya Lencana Karya Satya(SLKS) kepada 19 pegawai. Penghargaan SLKS ini diberikan kepada para pegawai di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Jateng yang telah bertugas selama 10 tahun sebagai Aparat Sipil Negara. Penganugerahan SLKS dilakukan secara simbolis oleh Kalan BPK Provinsi Jateng kepada para panerima dengan penyematan lencana SLKS. (*_*)