BPK Perwakilan Provinsi Jateng Terima Kunjungan SMP IT Bina Insani 1

115

Kepada siapa hasil kerja BPK nantinya dilaporkan? Apa saja ilmu matematika yang digunakan dan berkaitan dengan pekerjaan-pekerjaan di BPK? Lalu, apa saja program atau aplikasi teknologi informasi (TI) yang digunakan untuk mendukung pekerjaan-pekerjaan di BPK?

Demikian antara lain pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan kepada Kasubbag Humas BPK Perwakilan Jateng Athur Saragi ketika para siswa SMP IT Bina Insani 1 berkunjung ke kantor BPK Perwakilan Provinsi Jateng pada Senin (10/10) kemarin. Pertanyaan-pertanyaan tersebut disampaikan pada sesi  tanya jawab, sebagai salah satu rangkaian acara Kunjungan SMP IT Bina Insani 1 ke Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jateng.

Kepada para siswa, Kasubbag Humas BPK Perwakilan Jateng Athur Saragi  menjelaskan tentang tugas, kewenangan, nilai-nilai dasar, serta posisi kelembagaan BPK dalam tata negara Indonesia. Menurut Kasubbag Humas Athur Saragi, BPK merupakan salah satu dari lembaga-lembaga tinggi di Indonesia. “Kedudukan BPK sejajar dengan DPR, Presiden, DPD, dan lembaga-lembaga tinggi negara lainnya. Laporan Hasil Pemeriksaan BPK diserahkan kepada DPR atau DPRD karena menurut tata negara Indonesia, lembaga-lembaga tersebut merupakan representasi rakyat,” jelasnya kepada para siswa.

Lebih lanjut Kasubbag Humas Athur Saragi  menjelaskan, selain kantor pusat yang ada di Jakarta, BPK memiliki kantor perwakilan yang berkedudukan di setiap provinsi yang ada di Indonesia. BPK Perwakilan Provinsi Jateng merupakan kantor perwakilan BPK yang membawahi wilayah pemeriksaan di seputar wilayah Jateng. “Jadi kalau menjadi pegawai di BPK, kita berkemungkinan mengunjungi wilayah-wilayah negara kita ini, dari Sabang sampai Merauke. Bagaimana, menarik kan jadi pegawai di BPK?” tanya Kasubbag Humas Athur Saragi yang dijawab antusias oleh para siswa SMP IT Bina Insani 1.

Sebelumnya, ketika memberikan sambutan pengantar, Kepala SMP IT Bina Insani 1 Samsul Huda menjelaskan bahwa kunjungan ke Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Jateng merupakan bentuk pembelajaran luar sekolah untuk para siswa. “Diharapkan, dengan berkunjung ke BPK Perwakilan Provinsi Jateng secara langsung seperti ini, para siswa memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang tugas dan fungsi BPK,” katanya

Kepala SMP IT Bina Insani 1 Samsul Huda menyampaikan apreasiasinya karena BPK Perwakilan Provinsi Jateng telah dengan sangat terbuka menerima serta berbagi ilmu dan informasi kepada para siswa. “Ilmu dan informasi dari BPK ini tentu akan sangat bermanfaat untuk para siswa. Dan siapa tahu,  mereka inilah yang nantinya menjadi pelanjut tugas para Bapak dan Ibu sekalian di BPK,” katanya yang segera disambut dengan ucapan amin oleh para siswa.

Sebelum sesi penyampaian materi di kelas yang menjadi acara inti dalam kunjungan kali ini, para siswa SMP IT Bina Insani 1 lebih dulu berkesempatan melakukan tour pendek di lingkungan kantor BPK Perwakilan Provinsi Jateng. Dipandu oleh beberapa staf Subbag Humas, para siswa diajak untuk mengunjungi perpustakaan, ruang arsip, serta ruangan kerja  untuk mengenal kondisi dan lingkungan kerja di Kantor BPK dengan lebih baik.

Dalam kunjungan kali ini, para siswa juga berkesempatan menonton film Begawan Ciptoning. Film animasi berdurasi sekitar 15 menit itu mengisahkan tentang perjuangan Begawan Ciptoning melawan kejahatan dan memperbaiki keadaan masyarakat pada masa kerajaan. Kisah Begawan Ciptoning  tersebut menjadi gambaran tentang nilai-nilai dasar BPK dalam bekerha, yakni Integritas, Independensi, dan Profesionalisme, dalam kemasan yang menarik dan mudah dicerna oleh para siswa. Acara yang dimulai sekitar pukul 13.00 WIB itu diakhiri dengan saling menukar kenang-kenangan dan foto bersama.