Upacara Bendera Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 72

7

Kamis, 17 Agustus 2017 – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72, seluruh pegawai BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah mengikuti upacara bendera. Dalam upacara ini, yang bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Kepala Sub Auditorat Jateng III, Nelson Humiras Halomoan Siregar, sedangkan yang bertugas sebagai komandan upacara adalah Pemeriksa Muda di Sub Auditorat Jateng I Sutardi. Tema peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 Tahun 2017 ini adalah “Indonesia Kerja Bersama“.

Upacara bendera bertempat di halaman depan kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah. Dalam sambutan Ketua BPK Moermahadi Soerja Djanegara yang dibacakan oleh inspektur upacara, mengingatkan jajaran pelaksana BPK untuk memanfaatkan momentum kemerdekaan dengan meneladani semangat perjuangan para pahlawan melalui pelaksanaan tugas di BPK. Bentuk perwujudan peran strategis BPK dalam mengisi kemerdekaan di antaranya melalui penetapan visi BPK dalam Rencana Strategis 2016-2020, yaitu sebagai pendorong pengelolaan keuangan negara untuk mencapai tujuan bernegara melalui pemeriksaan yang berkualitas dan bermanfaat. Melalui visi tersebut, fokus pemeriksaan BPK tidak hanya pada assurance terkait administrasi pengelolaan keuangan negara, tetapi juga assurance terkait capaian substansi (outcome dan dampak) atas program pembangunan pemerintah.

Ketua BPK juga menyatakan bahwa slogan “Kerja Bersama, Bersama Kerja” pada HUT RI tahun ini sejalan dengan upaya BPK dalam membangun sinergi bersama untuk meningkatkan kualitas dan manfaat kelembagaan BPK. Hal ini menurutnya penting untuk mempertahankan kepercayaan masyarakat, terutama saat BPK sedang mendapat sorotan publik. Untuk meningkatkan kualitas dan manfaat kelembagaan ini, BPK perlu memperkuat implementasi Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN) dan kode etik. Mengakhiri sambutannya, Ketua BPK mengajak segenap pelaksana BPK untuk senantiasa bekerja bersama dan tetap memegang teguh integritas, independensi, dan profesionalisme agar kepercayaan pemangku kepentingan terhadap BPK dapat meningkat.

Selain pembacaan sambutan dari Ketua BPK, juga dibacakan 12 nama penerima penghargaan Satyalancana Karya Satya 10,20 dan 30 tahun di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah. Penerima Satyalancana Karya Satya 10 tahun yaitu Purwanto, Slamet, Muhammad Azhar Firdaus, dan Arif Rahman, penerima Satyalancana Karya Satya 20 tahun yaitu Ahmad Adib Susilo, Victorina Dianinggar, Waldan Faizin, Sri Dharmastoeti, dan Iffani Fakhriyati, penerima Satyalancana Karya Satya 30 tahun yaitu Antonius Maryana, Riyadi Budi Martono dan Noor Sofie.