Mahasiswa Administrasi Publik UNDIP kunjungi BPK

528

11        Semarang, 24 Maret 2015 – BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah menerima 25 orang mahasiswa dalam rangka kunjungan studi Jurusan Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro (FISIP Undip)Semarang.

       Dosen Administrasi Publik M. Mustam menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan praktik kerja lapangan yang dilakukan oleh mahasiswa. Tujuan yang ingin dicapai adalah studi pengalaman lapangan sesuai mata kuliah Pengawasan Publik. Pihak FISIP Undip berterimakasih atas penerimaan oleh pihak BPK dalam kesempatan ini.

       Kunjungan diterima langsung oleh Kepala Perwakilan (Kalan) BPK Provinsi Jawa Tengah, Hery Subowo di ruang kelas Lantai 2. Disampaikan bahwa kalangan akademisi merupakan salah satu stakeholder utama BPK. Untuk itu BPK senantiasa membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk melaksanakan magang maupun permohonan data untuk penelitian.

       Secara singkat, Kalan menjelaskan prinsip tata kelola keuangan Negara yaitu tertib, taat peraturan, transparan, akuntabel, ekonomi, efisien, efektif, serta memperhatikan rasa keadilan dan kepatuhan. Pelaksanaan tugas dan wewenang BPK merupakan mandat dari UUD 1945 Amandemen III, UU No. 17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara, UU No. 1 tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara, UU No. 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan atas Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara, serta UU No. 15 tahun 2006 tentang Badan Pemeriksa Keuangan.22

       Pemaparan dilanjutkan oleh Kepala Subbagian Humas, Dicky Dewarijanto. Dijelaskan bahwa BPK merupakan Lembaga Negara yang memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan Negara secara bebas dan mandiri, berkedudukan di ibukota Negara dan memiliki perwakilan di setiap provinsi. Stakeholder BPK meliputi DPR, DPD, DPRD, entitas pemeriksaan, aparat penegak hukum, Asosiasi BPK sedunia, se-Asia dan se-Asean, asosiasi profesi, LSM, Media dan Lembaga pendidikan. Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan dengan beberapa lembaga pendidikan di Jawa Tengah berupa kegiatan “BPK Goes to Campus”, menerima kunjungan pelajar dan mahasiswa, menerima penelitian dan permintaan data, mengirimkan pelaksana BPK untuk melanjutkan pendidikan berupa tugas belajar.

        Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Pertanyaan berkisar pada kendala secara umum yang dihadapi oleh BPK dalam pemeriksaan, pengelolaan website BPK, dan siapa yang memeriksa BPK. Kunjungan ini diakhiri dengan penutup oleh Kepala Subbagian Humas. Dosen Administrasi Publik juga mengucapan terima kasih dan sambutan positif tentang kesempatan yang diberikan BPK untuk melaksanakan magang maupun permohonan data untuk penelitian. 33