BPK Jateng Terima Kunjungan dari Mahasiswa UNWAHAS Semarang

1988

Rabu (06/3/2019), rombongan mahasiswa Fakultas Ekonomi UNWAHAS Semarang memasuki gedung kantor BPK Jateng sekira pukul 08.30 WIB. Sedikitnya ada 100 orang mahasiswa yang hadir didampingi Dekan Fakultas Ekonomi UNWAHAS (Ibu Khanifah, S.E., M.Si., Ak., CA) dan 5 orang dosen pendamping. Kedatangan rombongan mahasiswa disambut oleh Subbagian Humas BPK Jateng yang diwakili oleh Setyawan, S.Sos. Para mahasiswa yang datang berkunjung ke BPK tersebut merupakan mahasiswa jurusan akuntansi semester 2 dan 4. Kunjungan studi tersebut bertujuan untuk mengenal BPK lebih dekat, sekaligus sebagai salah satu pemenuhan tugas mata kuliah mereka. Acara dilaksanakan di Auditorium BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah, lantai 3, mulai pukul 09.00 WIB.

Dalam kesempatan tersebut, Dekan Fakultas Ekonomi UNWAHAS, Ibu Khanifah, menyampaikan sambutannya serta mengucapkan terima kasih kepada BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah yang telah bersedia menerima kunjungan dari para mahasiswa. Kegiatan company visit ini memang rutin dilakukan khususnya dalam mata kuliah tertentu, bertujuan agar para mahasiswa memiliki wawasan dan pengalaman dalam lingkungan kerja. “Kami berharap, melalui program ini mahasiswa lebih mendalami tentang lembaga keuangan beserta kebijakan yang telah ditetapkan, dan menjadi langkah awal bagi mahasiswa dalam mengaplikasikan karya nyata dan merupakan salah satu komitmen dalam menciptakan good student governance”, jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Setyawan, S.Sos. memaparkan materi tentang BPK, mulai dari apa itu BPK, kedudukan, dasar hukum, tugas serta wewenang BPK kepada para mahasiswa. Setyawan juga menjelaskan bagaimana BPK bekerja dan apa produk/output yang dihasilkan oleh BPK. “Salah satu produk yang dihasilkan oleh BPK adalah Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP), yang dapat diakses oleh semua orang termasuk mahasiwa untuk berbagai kepentingan. Tentunya LHP yang dimaksud adalah LHP yang telah diserahkan kepada DPRD, sehingga sudah menjadi informasi publik”, jelasnya. Setyawan juga menjelaskan secara singkat bagaimana tata cara meminta informasi ke BPK.

Sesi pemaparan materi berlangsung lancar dan menarik, karena narasumber mengajak peserta untuk interaktif bertanya jika ada pertanyaan. Para mahasiswa terlihat antusias mengikuti penyampaian materi khususnya dalam sesi tanya jawab. Selain menanyakan tentang hal ke-BPK-an, beberapa mahasiswa yang tertarik masuk ke BPK menanyakan bagaimana proses rekrutmen pegawai baru di BPK. Mahasiswa ingin mempersiapkan diri sejak awal agar dapat mengikuti proses seleksi penerimaan pegawai baru apabila mereka lulus dari perguruan tinggi. Setelah sesi tanya jawab berakhir, maka acara kunjungan studi pun diakhiri dengan penyerahan cinderamata oleh kedua pihak serta foto bersama. (^)