Mahasiswa FEB UNDIP Kunjungi BPK

1986

Senin (11/2/2019) kemarin, sebanyak 160 mahasiswa jurusan akuntansi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Diponegoro, datang berkunjung ke BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah. Kunjungan ke BPK Jateng tersebut merupakan kegiatan kuliah kerja lapangan yang bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa mengenai BPK. Rombongan mahasiswa tiba di kantor BPK Perwakilan Provinsi Jateng pukul 12.30 WIB, disambut oleh Kepala Subbagian Humas BPK Jateng (Athur Saragi, S.E.Ak., M.Si) beserta staf. Hadir mendampingi para mahasiswa, Kepala Departemen Akuntansi UNDIP, Bp. Fuad S.ET., M.Si., Ph.D beserta beberapa dosen pendamping lainnya.

Acara kunjungan studi dimulai pukul 13.00 WIB dilaksanakan di Auditorium BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah. Dalam sambutannya, Bp. Fuad menyampaikan ucapan terima kasih atas kesempatan yang diberikan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah kepada mahasiswa jurusan akuntansi FEB UNDIP untuk melaksanakan kunjungan studi ke BPK. “Dalam kunjungan ini, kami berharap BPK dapat memberikan sharing dan pemahaman yang relevan kepada para mahasiswa yang berjurusan akuntansi ini”, Kata Beliau.

Acara kunjungan dipandu oleh moderator dari staf Subbagian Humas, Setyawan, S.Sos. Sebelum memaparkan materi mengenai BPK, Kepala Subbagian Humas BPK Jateng menjelaskan bahwa BPK selalu menyambut baik bila ada permintaan kunjungan dari akademisi. Beliau menyampaikan, “Penerimaan kunjungan ini merupakan salah satu wujud sinergi BPK dengan para stakeholder, ada lembaga perwakilan, pemerintah daerah, aparat penegak hukum, APIP, media massa, dan akademisi”. Selain kunjungan studi, bentuk kerjasama dengan akademisi yang telah dilakukan BPK Jateng yaitu berupa pelayanan penelitian, baik pelayanan permintaan data ataupun pelayanan penyebaran kuesioner. “Selama 2 tahun terakhir ini, permintaan layanan penelitian, data, dan penyebaran kuesioner mengalami peningkatan yang signifikan, yaitu sekitar 4-5 orang per bulan”, jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Athur Saragi memaparkan materi tentang BPK, mulai dari kedudukan, dasar hukum, tugas serta wewenang BPK kepada para mahasiswa. Penyampaian materi berlangsung menarik karena para siswa antusias mengikuti penyampaian materi, terutama ketika masuk pada sesi tanya jawab. Beberapa mahasiswa menanyakan mengenai independensi BPK sebagai lembaga audit eksternal pemerintah. Independensi adalah salah satu dari tiga nilai dasar yang dimiliki BPK. Kedua nilai dasar lainnya adalah Integritas dan Profesionalisme.

Acara diakhiri dengan penyerahan cinderamata oleh kedua pihak, BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah dan FEB UNDIP, serta sesi foto bersama. (*)