BPK Perwakilan Provinsi Jateng Terima Kunjungan Mahasiswa Magistra Utama Semarang

2842

SEMARANG- Selasa (09/10) kemarin, BPK Perwakilan Provinsi Jateng menerima kunjungan study mahasiswa Magistra Utama Semarang. Hadir di kantor BPK Perwakilan Provinsi Jateng sekira pukul 10.00 WIB, rombongan  mahasiswa tersebut diterima oleh Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Humas BPK Perwakilan Provinsi Jateng Athur Saragi. Mendampingi para mahasiswa, turut dalam rombongan tersebut Staf Bagian Diklat Magistra Utama Jamhuri.

Kunjungan mahasiswa ini diisi dengan pemaparan materi oleh Kasubbag Humas Athur Saragi. Dalam kesempatan tersebut, Kasubbag Humas  menjelaskan mengenai struktur kelembagaan, kedudukan, dan fungsi BPK secara umum. Kasubbag Humas juga menjelaskan tentang tugas dan kewenangan BPK, jenis-jenis pemeriksaan BPK, serta jenis opini atas laporan keuangan pemerintah.

Selain penyampaian materi, acara juga diisi dengan sesi tanya jawab. Dalam sesi tanya jawab, para mahasiswa berkesempatan memperoleh informasi yang mereka perlukan terkait BPK dan keuangan negara. Para mahasiswa antara lain bertanya tentang pendapatan daerah, kerugian daerah, serta proses dan prosedur pemeriksaan di BPK.

Menjawab pertanyaan tentang hambatan yang ditemui para pemeriksa saat bertugas, Kasubbag Humas Athur Saragi antara lain menjelaskan bahwa masih terdapat pemahaman yang kurang proporsional tentang BPK di kalangan auditee. “Tak jarang, kurangnya pemahaman auditee tentang BPK menyebabkan mereka kurang kooperatif dalam memberikan dokumen ataupun data yang dibutuhkan oleh auditor saat bertugas,” kata Kasubbag Humas.

Sebelumnya, dalam sambutannya, Staf Bagian Diklat Magistra Utama Jamhuri menyatakan penghargaannya karena BPK Perwakilan Provinsi Jateng telah berkenan menerima kunjungan para siswa. Menurutnya, kunjungan ke BPK merupakan salah satu kesempatan pembelajaran yang sangat bermanfaat untuk para mahasiswa. “Kunjungan ke BPK dipilih karena sesuai dengan program pendidikan para mahasiswa sehingga sangat bermanfaat bagi para mahasiswa dalam proses mereka selanjutnya,” jelas Jamhuri.

Kunjungan mahasiswa Magistra Utama Semarang berakhir menjelang zuhur. Acara tersebut ditutup dengan bertukar cinderamata dan berfoto bersama rombongan mahasiswa Magistra Utama dengan Kasubbag Humas Athur Saragi.