Gizi Sehat dan Seimbang dalam Menjaga Kesehatan

135

BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menyelenggarakan penyuluhan kesehatan dan kegiatan donor darah. Acara yang rutin diselenggarakan setiap tiga bulan sekali tersebut diikuti oleh pegawai dan keluarga BPK Perwakilan Provinsi Jateng.

Penyuluhan kesehatan kali ini mengambil tema “Gizi Sehat dan Seimbang” dengan narasumber dokter ahli penyakit dalam dari RS Hermina Banyumanik, dr. Nur Anna, sp.PD FINASIM.  Penyuluhan tersebut juga dihadiri oleh Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jateng, Hery Subowo.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Ketua Dharma Wanita (DW) BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah, Diena Andiani. Dalam sambutannya, Ketua DW BPK Perwakilan Provinsi Jateng berharap agar penyuluhan yang dilaksanakan dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan dapat meningkatkan kualitas kesehatan para pegawai dan keluarga pegawai BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah.

Sementara itu, dalam pemaparannya, dr. Nur Anna, Sp.PD menyampaikan bahwa menjaga asupan makanan menjadi hal yang sangat penting. Menurutnya, seiring pertambahan usia,, kemampuan organ-organ tubuh untuk dapat menjalankan fungsinya dengan sempurna membutuhkan maintenance yang lebih.

Lebih lanjut, dr. Nur Anna mengatakan, lingkar perut dan Body Mass Index (BMI) sangat terkait dengan kesehatan. Lingkar perut yang semakin meningkat dapat menjadi sumber berbagai macam penyakit, antara lain kolesterol. Menurut dr. Nur Anna, kolesterol merupakan penyakit yang jarang dikeluhkan, namun apabila kolesterol dibiarkan, dapat menyebabkan penyakit yang lebih parah lagi, seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, dan hipertensi.

Dalam penyuluhan ini, dipaparkan juga tips-tips tentang bagaimana para peserta bisa nyaman makan tapi tetap terbebas dari masalah kolesterol. Selainitu, dalam acara tersebut juga dilakukan sesi tanya jawab, apabila ada peserta yang ingin menanyakan tentang keluhannya atau sekedar berbagi pengalaman. Acara ini ditutup dengan penyerahan cinderamata yang disampaikan oleh Ketua DW Perwakilan Provinsi Jateng kepada dr.Nur Anna Sp.PD FINASIM.(*)